Waspada 5 Skema Penipuan Cicilan yang Harus Anda Waspadai

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 16:30 WIB
loading...
Waspada 5 Skema Penipuan...
Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Di era digital seperti saat ini sangat banyak menawarkan cicilan dana bulanan melalui iklan di media sosial, telepon, aplikasi Whatsapp dan lain sebagainya.

Tujuan utamanya agar masyarakat bisa memenuhi berbagai kebutuhannya tanpa harus bayar secara tunai. Tetapi, di balik kemudahan yang diberikan, ada beberapa modus yang bisa jadi merupakan salah satu bentuk penipuan yang tidak disadari.

Oleh karenanya, semakin populernya cicilan dana bulanan, justru harus lebih meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya ada beberapa oknum yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan penipuan. Mereka biasanya menawarkan beberapa skema cicilan dengan proses cepat dan syarat mudah.

Namun, pada kenyataannya banyak yang terjebak hingga akhirnya menjadi korban. Berikut ini cara yang bisa Anda gunakan agar terhindar dari jebakan tersebut .

1. Cicilan dengan bunga 0% abal-abal
Salah satu ciri umum yang sering digunakan untuk iming-iming agar menarik minat calon konsumen adalah bunga yang lebih rendah dari pasar. Misalnya, Anda mungkin pernah mendapatkan telpon dengan penawaran cicilan bunga 0% tapi bukan dari platform yang tepercaya. Penawaran ini seringkali ditawarkan dalam bentuk pesan singkat atau bahkan telpon.

Jika mendapatkan penawaran seperti ini jangan langsung percaya. Cek dulu kebenarannya terutama platform yang menawarkan. Pastikan bahwa platform tersebut sudah terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan seperti Kredivo.

Kredivo memiliki fitur cicilan 1 dan 3 bulan dengan bunga 0% khusus member Premium. Sehingga Anda bisa mendapatkan payung hukum yang jelas dari OJK.

2. Skema pencurian identitas lewat cicilan online
Modus lainnya adalah aplikasi cicilan palsu yang dibuat mirip seperti aplikasi cicilan resmi. Penipu akan membuat aplikasi tiruan yang tampak mirip dengan aplikasi cicilan resmi. Hanya saja aplikasi ini tidak bisa langsung diunduh dari App Store maupun Play Store dan disodorkan langsung lewat link tertentu.

Agar tidak menjadi korban, Anda perlu selektif dalam mengklik tautan atau link yang mencurigakan. Apalagi jika dikirimkan file berupa APK atau file aplikasi yang tidak diunduh dari jalur resmi seperti Play Store maupun App Store. Pasalnya jika Anda mengunduh aplikasi tersebut dikhawatirkan saat itu sudah terjadi akses masuk ke data-data pribadi Anda yang bisa disalahgunakan.

3. Modus cicilan instan tanpa pengecekan layak
Tidak sedikit modus cicilan instan yang menjanjikan proses persetujuan yang cepat tanpa pengecekan yang layak. Hal seperti ini perlu diwaspadai karena Fintech yang resmi seperti Kredivo saja setidaknya memerlukan waktu verifikasi dan persetujuan dalam waktu 24 jam. Artinya tidak ada proses yang serba instan dilakukan semudah membalikkan telapak tangan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0613 seconds (0.1#10.140)